Regalin


Deskripsi

 Regalin adalah obat herbal yang diproduksi oleh PT. Sinar Kaliman Sehat. Regalin mengandung ekstrak bahan alami, seperti cortex acanthopanacis, Radix clemaditis, cortex lycii, flos charthami, herba asari, rhizoma seu, fructus gardeniae, radix saposhinkoviae, radix angelicae.Regalin digunakan untuk membantu meredakan encok, pegal linu, nyeri otot, nyeri sendi, serta membantu mencegah gejala rematik.Artikel lainnya: Kerokan, Benarkah Efektif Atasi Badan Pegal? 

Keterangan

 Regalin kapsulGolongan: Obat Tradisional

Kelas terapi

 Obat Herbal

Apa Kandungan dan Komposisi Regalin?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Regalin adalah:

 cortex acanthopanacis 450 mg, Radix clemaditis 450 mg, cortex lycii 300 mg, flos charthami 300 mg, herba asari 300 mg, rhizoma seu 300 mg, fructus gardeniae 300 mg, radix saposhinkoviae 150 mg, radix angelicae 150 mg. 

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Regalin?

dan Sediaan

Box, Botolp@20 kapsul

Apa Nama Perusahaan Produsen Regalin?

Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk Regalin:

 PT. Sinar Kaliman SehatHarga : Rp 30.000/botol

Regalin Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Regalin?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Regalin adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

 Regalin secara tradisional digunakan untuk membantu meredakan sakit pinggang, encok, dan pegal linu.

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai Regalin?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Regalin:

 Adapun aturan pakai Regalin yaitu :

Tujuan

 Membantu meredakan sakit pinggang, encok, nyeri sendi dan pegal linu.

Bentuk

 KapsulDosis pemberian: 3 x sehari 1 kapsul, sebelum makan. Diminum dengan air hangat.

Cara Menggunakan

 Bacalah instruksi aturan penggunaan yang tertera pada kemasan atau ikuti anjuran dokter kamu. Regalin kapsul dapat diminum sebelum makan. Regalin kapsul dapat ditelan secara utuh, jangan dikunyah, dibelah, atau dihancurkan. Telan dengan meminum segelas air putih hangatDianjurkan meminum Regalin secara teratur pada jam yang sama setiap harinya. Bila lupa, segera minum jika jeda jadwal minum obat berikutnya belum terlalu dekat, jika terlalu dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosisArtikel lainnya: Sering Sakit Pinggang? Mungkin Saraf Terjepit 

Bagaimana Cara Penyimpanan Regalin?

Simpan Regalin pada suhu ruang, di tempat yang kering dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung serta jauhkan dari jangkauan anak-anak.


Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Regalin Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Regalin, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Regalin?

Jika Anda lupa menggunakan Regalin, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Regalin Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Regalin?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Regalin yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Apa Efek Samping Regalin?

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Regalin yang mungkin terjadi adalah:

 Tidak ada efek samping pada Regalin, apabila digunakan dalam batas takaran yang dianjurkan.

Overdosis

Jangan menggunakan obat melebihi dosis yang telah ditentukanJika seseorang mengalami overdosis segera hubungi bantuan tim medis darurat ke nomor 112/119 atau segeralah ke instalasi gawat darurat rumah sakit terdekat

Apa Saja Kontraindikasi Regalin?

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Regalin dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

Hindari penggunaan pada pasien yang memiliki indikasi hipersensitif terhadap komposisi Regalin.

Apa Saja Interaksi Obat Regalin?

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Regalin antara lain:

Belum diketahui adanya interaksi obat antara Regalin dengan obat lainnyaInformasikan pada dokter jika sedang mengonsumsi suplemen lain, produk herbal, atau obat lainArtikel lainnya: Apa Beda Nyeri Otot dan Salah Urat?

Apa saja Peringatan dan Perhatian Penggunaan Regalin?

 Hindari penggunaan jika memiliki alergi terhadap RegalinHindari penggunaan dengan dosis berlebihanInformasikan pada dokter jika sedang hamil atau menyusuiSegera temui dokter jika mengalami alergi, overdosis, atau efek samping yang serius setelah mengkonsumsi Regalin

Bagaimana Kategori Keamanan Penggunaan Regalin Pada Wanita Hamil?

Kategori keamanan penggunaan obat untuk wanita hamil atau pregnancy category merupakan suatu kategori mengenai tingkat keamanan obat untuk digunakan selama periode kehamilan apakah memengaruhi janin atau tidak. Kategori ini tidak termasuk tingkat keamanan obat untuk digunakan oleh wanita menyusui.

FDA (Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan tingkat keamanan obat untuk wanita hamil menjadi 6 (enam) kategori yaitu A, B, C, D, X, dan N. Anda bisa membaca definisi dari setiap kategori tersebut di sini. Berikut ini kategori tingkat keamanan penggunaan Regalin untuk digunakan oleh wanita hamil:

Kategori N. Belum dikategorikan

Peringatan Kehamilan

Informasikan pada dokter sedang hamil atau merencanakan program kehamilan. Jangan gunakan Regalin tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Peringatan Menyusui

Regalin belum diketahui dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Jangan gunakan Regalin sebelum berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.Penyakit Terkait NyeriPegal linuNyeri sendiSakit pinggangRekomendasi Obat Sejenis Pil KitaSido Muncul Komplit Pegal LinuNeo Rheumacyl OralinuKenshinDeltomed AntalinuPunya pertanyaan seputar kesehatan? Yuk, manfaatkan fitur  Tanya Dokter dari  untuk konsultasi langsung dengan dokter. Jangan tunggu sakit.[LUF]Referensi